Wednesday 25 March 2015

Tips dan Trik Berbelanja Online Secara Aman

Di jaman yang se-modern ini, belanja tidak harus dilakukan dengan cara bertatap muka atau bertemu secara langsung, melainkan hanya tinggal duduk dan berselancar di internet mencari barang yang diinginkan lalu dibeli tanpa harus membuang waktu, tenaga di jalan. Ini berkat kemajuan teknologi informasi.
Tips dan Trik  berbelanja online secara aman
Tetapi selain keuntungan-keuntungan yang ada, berbelanja secara online juga mempunyai kerugian.  Untuk mencegah kerugian, disini akan dibahas mengenai tips dan trik berbelanja online dengan aman. Berikut tips dan triknya..

TIPS DAN TRIK BERBELANJA ONLINE SECARA AMAN

1. PERHATIKAN TEMPAT ATAU SITUS WEB ANDA BELANJA
Perhatikan situs web tempat anda berbelanja, usahakan web tempat anda berbelanja terlihat profesional. Biasanya menggunakan TLD (Top Level Domain) seperti .com; .net; dan lain-lain. Tetapi semua itu tidak bisa digunakan sebagai patokan.

2. PROFIL PENJUAL/SELLER YANG JELAS
Tidak hanya situs web yang harus jelas, tetapi profil penjual/seller pun harus jelas. Penjual/seller yang jelas biasanya mempunyai nama, nomor telepon, tempat tinggal, dan alamat toko (jika ada). Jika penjual mencantumkan alamat toko, lebih baik di cek menggunakan google maps ataupun google earth dan pilih opsi street view.

3. RATING DAN TESTIMONI PELANGGAN
Rating dan testimoni dari pelanggan bisa dijadikan indikasi dalam toko online atau web tersebut. Pelanggan yang memberikan testimoni dan memberikan rating yang bagus bisa menjadi indikasi bahwa toko online atau web tersebut mempunyai nilai plus dimata pelanggan.

4. SISTEM PEMBAYARAN
Pastikan penjual/seller mempunyai berbagai sistem pembayaran yang memudahkan pembeli untuk mengirimkan uang. Jika sistem pembayarannya berbelit-belit, jangan enggan untuk meninggalkannya.


Sekian tips dan trik berbelanja online secara aman dari saya, semoga bermanfaat bagi anda semua.